Klub Malta Siapkan Kontrak 2 Tahun untuk Manusia Tercepat di Dunia

JawaPos.com – Dua gol yang dicetak Usain Bolt, manusia tercepat di dunia, dalam laga pramusim A-League pada pekan lalu membuat klub asal Malta, Valletta FC, tertarik untuk meminangnya. Bahkan, Valletta telah menyiapkan kontrak profesional berdurasi dua tahun.

Bolt merupakan mantan sprinter asal Jamaika. Dia pemegang rekor lari 100 meter. Bolt sendiri sudah pensiun dari dunia atletik pada tahun lalu dan berambisi beralih menjadi pesepak bola.

Sejak Agustus lalu, Bolt melakoni trial di A-League bersama Central Coast Mariners. Dalam laga pramusim leawan tim kasta kedua Macarthir South West United di Sydney, Bolt mampu mencetak dua gol.

Usain Bolt, Valletta FC, Liga Malta, SprinterUsain Bolt selangkah lagi berkarir di Eropa (PETER PARKS / AFP)

Aksinya tersebut ternyata membuat pemandu bakat Valletta tertarik. Klub tersebut bakal mewujudkan mimpi Bolt bermain di Eropa. Sebelumnya, Bolt sempat dikaitkan dengan AC Milan dan Manchester United. Bahkan, dia sempat berlatih bersama Arsenal.

Chief Executive Valletta FC, Ghasston Slimen, mengatakan bahwa mereka ingin menuliskan sebuah sejarah dengan mengontrak Bolt, manusia tercepat di dunia. “Bolt memecahkan rekor di Olimpiade Beijing pada 2008. Saya telah memonitor dia selama satu setengah tahun ini,” sebut Slimen seperti dilansir Worldfootball.

“Kami bermain di Piala Super pada 13 Desember mendatang. Tentunya membayangkan Bolt mengangkat trofi setelah 10 tahun pemecahan rekor di Beijing menjadi momen membanggakan,” imbuh Slimen.

Slimen menambahkan bahwa langkah mereka mengontrak Bolt bukan karena uang. “Ini bukan tentang uang melainkan sejarah. Hal ini tak akan terjadi 50 atau 100 tahun ke depan,” tegasnya.

Lebih lanjut Slimen menegaskan bahwa langkah dia mengontrak Bolt bukan untuk sekadar mengajaknya liburan. “Saya ingin dia berlatih keras. Saya tak sedang bermimpi atau mengada-ada. Saya ingin mengontrak dia. Saya berharap dia segera terbang, tiba di Malta, dan segera tanda tangan kontrak. Kami tengah melakukan persiapan untuk Piala Super,” pungkas Slimen.

Sementara itu, pihak Mariners mengaku belum ada kontak dari Valletta FC. Namun, bisa jadi Bolt akan meninggalkan Mariners karena sampai saat ini dia belum dikontrak oleh Mariners. Salah satu petinggi klub, Shaun Mielekamp mengatakan bahwa Bolt masih terus akan menjalani trial sampai waktu yang belum ditentukan.

(epr/JPC)