Peserta Kirab Pemuda Tiba di Sambas

Jakarta: Sebanyak 34 pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda dari tiba di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Seperti di provinsi lain yang disambangi, mereka akan berbaur dengan warga di sana.

“Ada 50 orang yang tiba, yakni 34 pemuda perwakilan dari 34 provinsi dan sisanya para pendamping. Mereka tiba di Pontianak, Senin, 15 Oktober malam dan tiba di Sambas, pagi ini,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Natalia Karyawati, melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 Oktober 2018.

Di Sambas, para peserta akan dikenalkan berbagai seni dan budaya masyarakat setempat. Mereka juga akan mengikuti beberapa acara, termasuk melaksanakan kegiatan sosial. 
 
Di antara mereka ada dua perwakilan pemuda yang merupakan warga asli Kalimantan Barat. “Keduanya akan berkeliling Indonesia untuk memperkenalkan budaya,” kata Natalia.

Selama di Sambas, peserta Kirab Pemuda akan menginap di rumah warga agar lebih guyub. “Agar sosialisasinya berjalan lebih cepat,” kata dia.

Kalimantan Barat masuk ke dalam zona 1 daerah yang disinggahi peserta kirab. Provinsi ini menjadi berada di urutan ke-11 dari 17 provinsi yang dikunjungi peserta.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sambas, Jepriadi, senang Sambas menjadi titik singgah kegiatan Kirab Pemuda. Menurut dia, hal ini bisa menjadi momentum bagus untuk menggali potensi pemuda.

“Kami didatangi sahabat-sahabat muda dari seluruh Indonesia. Ini kesempatan untuk bertukar informasi terkait gerakan pemuda di daerahnya masing-masing,” ujar dia.

Kirab Pemuda merupakan agenda Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mengenalkan potensi tanah air. Sebanyak 88 pemuda dipilih untuk mengarungi 34 provinsi dan 100 kabupaten/kota selama 73 hari. Kirab dibagi menjadi dua zona. 

Zona I berangkat dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), berlanjut ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimanten Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Banten, dan DKI Jakarta.

Zona II memulai dari Papua, bersambung ke Pabar, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat Jabar, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. 

Zona I memulai perjalanan pada 5 September dari Sabang. Zona II memulai dari Merauke pada 7 September. Kedua peserta zona itu akan finis dan bertemu kembali pada pertengahan November 2018 di Jakarta.
 

(UWA)