KPK Bicara Pengaruh Steffy yang Nikah Siri dengan Irwandi

Jakarta

KPK tengah menelusuri indikasi pengaruh Fenny Steffy Burase dalam perkara suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) berkaitan dengan pernikahannya dengan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Lalu apa pengaruh Steffy?

“Tentu saja semua bukti yang kami sampaikan di jawaban itu adalah bukti yang terkait dengan perkara. Kami ingin menunjukkan bahwa bagaimana hubungan Irwandi dengan sejumlah pihak bisa pejabat di Aceh bisa Steffy Burase atau pun pihak-pihak yang lain,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

“Pengaruh dari Steffy juga menjadi poin perhatian kami karena ada kedekatan, kemudian kami akan melihat sejauh mana pejabat di Aceh terpengaruh kemudian terkait dengan pemutusan proyek di sana,” sambung Febri.

Untuk itulah menurut Febri beberapa kali pemeriksaan Steffy berkaitan dengan pendalaman hal tersebut. Steffy juga sudah dicegah bepergian ke luar negeri dalam perkara ini dengan status sebagai saksi.

Pernikahan antara Irwandi dengan Steffy itu sebelumnya diungkap KPK dalam sidang lanjutan permohonan praperadilan yang diajukan Irwandi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Tim biro hukum KPK membeberkan persoalan hubungan Steffy dengan Irwandi untuk mendukung argumen dalam menjawab gugatan praperadilan itu.

“Bahwa berdasarkan beberapa berita acara pemeriksaan (BAP) yang termohon sampaikan dan percakapan WhatsApp dari telepon genggam Steffy Burase membuktikan bahwa sejak 8 Desember 2017 Irwandi Yusuf dan Fenny Steffy Burase telah terikat hubungan suami istri dan telah diketahui oleh pejabat di lingkungan Provinsi Aceh,” sebagaimana dikutip dari Jawaban KPK yang sudah disampaikan pada persidangan praperadilan yang terbuka untuk umum di PN Jakarta Selatan.

“Sebagai seorang istri, Steffy Burase mempunyai kesempatan mengenal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang dekat dan mempunyai hubungan kerja dengan Irwandi Yusuf bahkan dengan leluasa Steffy Burase meminta sejumlah uang dari Saiful Bahri seorang pengusaha,” seperti dikutip dari Jawaban KPK.

Namun belakangan Irwandi membantah pernah menikah dengan Steffy. Steffy pun membantah, tetapi mengamini kedekatannya dengan Irwandi.

(dhn/fdn)