Pelamar CPNS 3,6 Juta Orang, Presiden Jokowi: Pemerintah Mencari Talenta Terbaik

JAKARTA – Antusias masyarakat untuk menjadi pegawai negeri sipil sungguh-sungguh besar. Diketahui bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 ditutup dengan jumlah pelamar mencapai 3.627.797.

“Tiga juta enam ratus ribu orang lebih!,” ujar Jokowi, dikutip Okezone dari Instagram resminya, Rabu (17/10/2018).

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Paling Banyak, Kemenkumham Diserbu 487 Ribu Pelamar CPNS 2018

Di antara para pelamar tersebut, ada yang melamar untuk formasi khusus yakni penyandang disabilitas, putra-putri Papua/Papua Barat, lulusan terbaik, diaspora, dan eks tenaga honorer K2. Para pelamar tersebut akan bersaing melalui seleksi untuk mengisi 238.015 formasi CPNS di 76 kementerian dan lembaga serta 525 instansi pemerintah daerah.

CPNS

“Melalui penerimaan CPNS tahun ini, pemerintah hendak mencari talenta-talenta terbaik di antara jutaan anak bangsa untuk mengabdi kepada negara,” lanjutnya.

Sebelumnya, menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara mengatakan Mohammad Ridwan mengatakan, dari total 3,6 juta pelamar, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjadi instansi yang paling banyak diserbu pelamar pada pendaftaran CPNS 2018 ini. Pada pendaftaran CPNS tahun ini sekitar 487 ribu pelamar memilih Kemenkumham.

Baca Juga: BKN Sesalkan Banyaknya Tenaga Honorer Tak Daftar CPNS

Sementara di tempat kedua ada Kementerian Agama dengan sekitar 265 ribu pelamar. Lalu ditempat ketiga ada Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) dengan sekitar 60 ribu pelamar. Lalu tempat keempat dan kelima ada Kejaksaan Agung dan Kementerian Perhubungan. Masing-masing diserbu oleh sekitar 50 ribu dan 37 ribu pelamar.

Jokowi

“5 instansi pusat yang paling banyak menerima pelamar adalah Kemenkumham, Kementerian Agama, Kemenristekdikti, Kejaksaan Agung dan Kemenhub,” ujarnya.

(kmj)